Manfaat Buah Naga Ternyata Bisa Sembuhkan Risiko Kanker

KabarMamuju.com — Tak banyak yang tahu jika buah naga memiliki khasiat, dimana selain bisa dijadikan jus, buah ini juga memiliki vitamin yang lebih dan baik untuk kesehatan terutama penyakit kanker.

Selain kanker berbagai macam penyakit juga baik untuk pencernaan didalam tubuh.

Untuk diketahui jika buah naga varietas kulit merah dan kuning yang awalnya tumbuh di Meksiko, Amerika Selatan dan Tengah. Kemudian Prancis membawanya ke Asia Tenggara pada awal abad ke-19.

Di Indonesia sendiri, buah naga juga disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan sedikit asam. Dalam program diet, buah naga biasanya dijadikan smoothie bowl yang kaya akan nutrisi.

“Bukan kandungan vitamin C yang membuat buah ini memiliki potensi kesehatan, melainkan asam lemaknya dan fosfor,” tutur Kevin Meehan, praktisi holistik dan pemilik Klinik Kesehatan Teton Valley di Jackson, Wyo.

Melansir Medical Daily, buah naga memiliki manfaat sebagai berikut,

  1. Anti-aging

Buah naga mengandung antioksidan yang baik karena votamin C-nya. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

Tidak hanya itu, kandungan fosfor pada buah naga dapat mencegah penuaan dini.

“Salah satu pengatur penting dalam sel kita membutuhkan fosfor, dan phospolipid adalah komponen utama membran sel. Ini bisa membantu mencegah penuaan dini,” katanya.

  1. Pencegah kanker

Selain vitamin C, buah naga mengandung karoten yang memiliki sifat sebagai anti-karsinogenik. Karsinogen merupakan senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, likopen yang membuat warna merah pada buah naga diketahui menurunkan risiko kanker prostat.

  1. Stabilkan gula darah pada penderita diabetes

Tingginya jumlah serat dalam buah eksotis ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Buah naga juga membantu menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan indeks glikemik tinggi.

  1. Bagus untuk pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang signifikan, yang berarti dapat meningkatkan melancarkan pergerakan pada usus ke saluran pencernaan. Konsumsi buah eksotis ini dapat membantu mengurangi kemungkinan kondisi seperti sembelit dan sindrom iritasi usus.

  1. Kesehatan kardiovaskular

Buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, sebab buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baiknya.

Studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menunjukkan konsumsi buah naga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mengembangkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Buah Naga Ternyata Bisa Sembuhkan Risiko Kanker
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
Share on telegram
Telegram

Kabar Terbaru

Kabar Terkait