Gelombang tinggi laut (Foto:Ilustrasi by Pixabay).

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Gelombang Laut di Sulbar

KabarMamuju.com — Gelombang tinggi membuat dua kabupaten di Sulawesi Barat terdampak, akibatnya puluhan rumah yang berada di pesisir pantia rusak diterjang ombak. Data yang diterima KabarMamuju.com jika ada sekira 6 rumah terdampak dari gelombang tinggi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, pada Sabtu malam (11/1) lalu.

Lokasi yang terdampak di Desa Taang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju. Wakil Bupati Mamuju, Irwan Satya Putra Pababari, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Mamuju, Suaib, meninjau langsung lokasi rumah yang rusak akibat terjangan ombak.

Pemkab Mamuju pun langsung bergerak cepat dengan memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD Mamuju untuk segera memberikan bantuan yang bersifat jangka pendek seperti sembako dan pakaian.

“Untuk jangka panjang akan dilakukan komunikasi kepada Balai yang menangani khusus hal tersebut agar dapat memprogramkan pembangunan tanggul penahan ombak di areal yang setiap tahun memang sering mengalami kejadian serupa,” kata Irwan.

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang kemungkinan masih akan terjadi.

“Saatnya merubah mindset untuk tidak membangun rumah terlalu dekat dengan bibir pantai agar terhindar risiko bencana,” pesannya.

Sementara di Kabupaten Majene ada 12 rumah yang rusak diterjang ombak, di Dusun Sumakuyu, Desa Onang, Kecamatan Tubo Sendana.

Kepala BPBD Majene, Ilhamsyah Djuwaeni mengatakan, jika data yang diterima BPBD saat ini ada 12 rumah yang terdampak di bibir pantai.

“Kita sementara dalam pendataan, ada 12 rumah. Sementara itu yang rinciannya satu rumah rusak berat, 6 rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan,” tandasnya.

Jebolnya tanggul di bibir pantai membuat rumah warga rusak, kini sebagian warga mengungsi di rumah kerabatnya yang jauh dari bibir pantai tersebut.

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Gelombang Laut di Sulbar
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
Share on telegram
Telegram

Kabar Terbaru

Kabar Terkait