Pulau Karampuang

Wabup Mamuju Minta Nama Pulau Karampuang Berganti

KabarMamuju.com — Wakil Bupati Mamuju, Irwan Setya Putra Pababari meminta nama pulau karampuang kembali berganti nama asilnya yakni Pulau Liutang. Dimana sebelumnya memang desa tersebut bernama Karampunga, namun seiring perkembangan orang-orang menyebut nama pulau tersebut karampuang.

“Liutang berarti Pulau, penamaan tersebut harus dikembalikan nama aslinya, sebenarnya Pulau Karampuang awalnya bernama Liutang, namun pengaruh Bahasa Indonesia hingga berubah nama orang-orang sebut itu pulau Karampuang,” kata Bupati millenial tersebut, Senin (25/11).

Tidak hanya nama pulau karampuang, beberapa sumur yang terkenal di pulau tersebut juga berganti nama, diantaranya sumur tiga rasa dikenal dengan sumur jodoh.

“Sebenarnya dulu bernama Bujung dilaukang atau Bujung kayyang, ini harus dikembalikan keaslinya yang berbahasa Mamuju atau bahasa lokal, karena segmentasi kekayaan budaya tersebut akan kehilangan marwahnya sebagai sesuatu yang sakral saat telah mengalami perubahan atau modernisasi,” kata Irwan.

Ia menambahkan, dengan kembalinya penamaan lokal akan menjadi salah satu upaya untuk menjaga keaslian kekayaan budaya di Mamuju.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Karampuang Hasdiah, ia mengaku sangat setuju dengan pengembalian nama tersebut, menurutnya sangat banyak nilai dan arti yang bergeser saat nama tersebut di ubah.

Wabup Mamuju Minta Nama Pulau Karampuang Berganti
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
Share on telegram
Telegram

Kabar Terbaru

Kabar Terkait